PROFIL KLINIK ANAK KESULITAN BELAJAR HANG LEKIU JAKARTA SELATAN

Klinik ini berdiri dilatar belakangi atas permasalahan di dunia pendidikan berupa kurangnya penanganan anak-anak kesulitan belajar.  Banyak sekali kasus anak kesulitan belajar dan gangguan psikologi yang dialami oleh anak-anak di sekolah.  Akibat gangguan psikologis ini, mereka mengalami hambatan dalam bidang akademis di sekolah.  Penanganan yang parsial dan tidak berkelanjutan membuat permasalahan menjadi semakin komplek, sampai dengan gangguan perilaku seperti narkoba, kenakalan remaja, dan berkembangnya teroris akibat distorsi kognitif (Melani, Kunming China, 2011).

Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan ini, Melani R. Arnaldi, M.Psi., Psi terjun ke lapangan. Hal dilakukan dengan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberikan pelayanan psikologi kepada anak-anak yang mengalami hambatan, baik anak kesulitan belajar ataupun anak yang mengalami hambatan psikologis lainnya sampai pada akhirnya mendirikan klinik psikologi inetervensi learning disability di bawah naungan Yayasan Melani Metakognisi Indonesia.  Saat ini beliau tergabung dalam HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia)  dengan nomer 01/IP:01-09/924.  Klinik yang beralamat di Jl. Hang Lekiu IV No. 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini telah berdiri sejak tahun 2004.

Saat ini beliau sedang menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Indonesia dengan pengkhususan di psikologi anak dan pendidikan. Beliau juga aktif dalam penelitian dan pengembangan dalam bidang psikologi dan juga bidang lain terkait dengan psikologi dan beliau masuk ke dalam riset NRU Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.  Selain itu, Melani R. Arnaladi juga menjadi pembicara-pembicara seputar masalah psikologi baik baik di dalam maupun luar negeri.  Di Indonesia, beliau menjadi pembicara di sekolalah maupun institusi pendidikan lainya, salah staunya di Universitas Indonesia.  Beliau juga menjadi pembicara dalam acara road show ke sekolah-sekolah di JABODETABEK  seputar masalah remaja berkerja sama dengan PT. XL Axiata, Tbk.

Selain itu, beliau juga menjadi pembicara seminar di luar negeri antara lain di Turki, China, London, dan beberapa negara lainnya.  Beliau sudah menulis di jurnal international, diantaranya adalah yang berjudul : Melani’s Cognitive Process To Parameter Assessment Learning Disability Of Children dan   Metode intervenes Melani’s Metakognisi for learning disability of children in Indonesia dalam International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2011) di Turki. Dan saat ini penelitiannya berlanjut pada bidang kognisi neuroscience serta mengembangkan penelitiannya dalam stem cell otak, serta bekerjasama dengan Yayasan Sampoerna Group.

About these ads

Perihal klinikanakkesulitanbelajar
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani R. Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: