Talkshow “Meningkatkan Awareness Anak Dengan Komunikasi Yang Efektif” – SD Muhammadiyah 28 Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Image

Klinik Anak Kesulitan Belajar Hang Lekiu, bersama Ibu Melani R. Arnaldi, M.Psi., Psi. kembali mengadakan acara talkshow bekerja sama dengan PT. XL Axiata, Tbk, dalam Program XLalu Dekat Dengan Si Kecil.  Program ini merupakan acara diskusi yang bertemakan tentang “Meningkatkan Awareness Anak Dengan Komunikasi Yang Efektif”.  Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 23 Juni 2012, Bertempat di SD Muhammadiyah 28 Cipulir, Jl. Panjang Cipulir, Kebayoran lama, Jakarta Selatan.

Dalam paparannya, Ibu Melani R. Arnaldi, M.Psi, Psi, menjelaskan bagaimana proses pengolahan informasi pada individu, khususnya anak dapat meningkatkan awareness mereka, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan self-regulation mereka.  Proses kognitif membutuhkan kontrol yang secara mutlak berkaitan dengan awareness sehingga tidak mungkin terjadi proses kognitif bila tidak disertai adanya awareness terhadap suatu hal di dalam proses pengolahan informasi (Flavel, 1998; Hommel dalam Kunde, 2012). Lebih lanjut dalam paparannya, kedua orang tua memiliki peran penting sebagai pendidik dan pengasuh atas buah hati mereka.  Sebagai pendidik orang tua wajib memberikan penjelasan mana yang benar atau salah, sedang sebagai pengasuh, orang tua mengayomi anaknya meskipun mereka melakukan kesalahan. Oleh karena itu, menjadi penting agar orang tua terus dan tidak bosan-bosan mengingatkan pesan-pesan baik kepada buah hati mereka sehingga pesan tersebut dapat terekam dengan baik di ingatan mereka.  Oleh karena proses pengolahan informasi yang terjadi pada setiap individu sangat unik dan berbeda sehingga tidak mustahil perlu pengulangan, akibatnya tidak dapat disamaratakan antara satu indvidu dengan individu yang lain.

Lebih lanjut dalam diskusi dengan orang tua murid SD Muhammadiyah 28, dipaparkan juga bagaimana kendalan proses pengolahan informasi yang dialami anak-anak kesulitan belajar terkait dengan awareness.  Mereka tampak mengalami kesulitan dalam mencapai awareness yang baik, akibatnya self-regulation mereka pun buruk.  Hal ini dapat dilihat dari perilaku dan pencapaian akademis yang rendah di sekolah.  Penanganan anak-anak yang mengalami kesulitan belajar ini pun harus disesuaikan dengan indvidu masing-masing, terkait kendala dan penyebab yang berbeda-beda. Banyak hal yang mempengaruhi anak kesulitan belajar terkait dengan rendahnya awareness mereka, bisa jadi karena pola komunikasi, pola asuh, ataupun faktor genetik dan biologis selama kehamilan dan perkembangan anak.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian door prize kepada peserta dan sekola berupa voucher dan dua buah hand phone.  Acara ini merupakan kontribusi Klinik Anak Kesulitan Belajar Hang Lekiu dalam bidang pendidikan, khususnya dalam memberikan wawasan kepada masyarakat dan stake holders pendidikan terkait dengan perkembangan bidang psikologi. Acara ini juga didukung oleh PT. XL Axiata, Tbk dengan program XLalu Dekat Si Kecil.

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: