TES PSIKOLOGI UNTUK ANAK

Pelayanan psikologi saat ini penting bagi masyarakat.  Banyak masalah yang terjadi di masyarakat saat ini dapat dipecahkan melalui pendekatan psikologi.  Oleh karena itu, kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik di bidang psikologi untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat.  Melalui pendekatan ilmiah dan keilmuan psikologi, permasalahan yang terkait dengan manusia dilakukan dengan pendekatan yang lebih humanis. Salah satu bentuk pelayan kami, adalah pengetesan psikologi.  Berikut adalah pengetesan yang kami lakukan baik kepada individu, maupun organisasi:

Test Minat dan Bakat

Mendapatkan gambaran kecerdasan, sikap kerja, kepribadian dan arah minat yang dimiliki oleh individu

Test Kepribadian

Tes kepribadian (personality test) adalah sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian seseorang dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Mengenal kepribadian diri sendiri sangatlah penting karena dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah :

  • Mengetahui kelebihan dan kelemahan yang miliki, dan meningkatkannya
  • Mendeteksi kelemahan yang miliki dan memperbaikinya
  • Mengetahui potensi-potensi diri yang ada pada diri dan mengoptimalkannya untuk kesuksesan dalam karir dan kehidupan
  • Menyadarkan diri sendiri bahwa masih memiliki banyak kekurangan sehingga pantang untuk bersikap sombong dan merendahkan orang lain.
  • Dapat mengetahui jenis pekerjaan apa yang paling cocok dengan kepribadian karakter, sehingga melakukan pekerjaan tersebut dengan bahagia. Bahagia karena pekerjaan tersebut cocok.
  • Dapat menempatkan diri dalam menjalin relasi dengan orang lain sehingga dapat membantu kesuksesan

Tes Penjurusan

Layanan penelusuran minat dan bakat/tes penjurusan ditujukan untuk membantu siswa dalam membuat keputusan tentang bidang studi. Melalui layanan tes minat & Bakat, Psikolog kami akan membantu siswa melihat potensi yang ada pada dirinya, dengan didapatkannya informasi tersebut, diharapkan siswa mampu berpikir realistis dalam memilih jurusan yang tepat.

Test Intelegensi

Inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. secara garis besar dapat disimpulkan bahwa inteligensi adalah suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional.

Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional.

Tes Pembentukan  Karakter

Karakteristik yang umumnya melekat dalam diri seorang individu adalah malu, agresif, patuh, malas, ambisius, setia, dan takut. Karakteristik-karakteristik tersebut jika ditunjukkan dalam berbagai situasi, disebut sifat-sifat kepribadian. Sifat kepribadian menjadi suatu hal yang mendapat perhatian cukup besar karena para peneliti telah lama meyakini bahwa sifat-sifat kepribadian dapat membantu proses seleksi karyawan, penjurusan di sekolah, menyesuaikan bidang pekerjaan dengan individu, dan memandu keputusan pengembangan karier.

Tes Kesulitan belajar

Tes ini ditujukan untuk mengetahui apakah anak memiliki potensi gangguan belajar atau dalam bidang akademis. IQ bukan jaminan apakah seorang anak memiliki gangguan dalam bidang akademik atau tidak. Tak sedikit anak memiliki IQ di atas rata-rata, namun mereka memiliki hambatan akademis di sekolah.  Secara umum, anak kesulitan belajar biasanya memiliki nilai yang tidak stabil dan atau memiliki perilaku mengganggu di kelas/sekolah.  Melalui test ini akan diketahui terapi atau  pemecahan apa yang perlu dilakukan terhadap anak agar ia memiliki kemampuan akademis yang bagus.

Tes Gangguan Emosional

Tes ini ditujukan untuk mendeteksi kestabilan emosi seseorang. Bagi anak usia sekolah hal ini penting untuk mengetahui bagaimana dia dapat beradaptasi dengan lingkungan dengan mengendalikan emosi dan perilaku dia.  Anak yang mengalami gangguan emosional biasanya sulit untuk berdaptasi dengan lingkungan. Tes ini juga penting dalam mengukur sejauh mana gangguan yang terjadi untuk dapat diterapi.

Informasi Pengetesan

Pengetesan di dapat dilakukan di klinik (bagi individu) atau di tempat (organisasi) dengan waktu yang fleksibel.  Untuk informasi, biaya, dan keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi kantor kami pada hari dan jam kerja, yang beralamat di Jl. Hang Lekiu IV No. 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12120 telp. 021-85355171 CP. Agus 08561785391, email klinikanakkesulitanbelajar@gmail.com; twitter: @KAKBHangLekiu.

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: