Skema Alur Informasi Arimatika Pada Otak Manusia

Misteri proses pengolahan informasi numerikal, khususnya aritmatika terlah terpecahkan.  Artikel Dehaene, Molko, Cohen dan Wilson (2004), telah membuka tabir misteri ini.  Bagaimana proses pengolahan aritmatika digambarkan dari penelitian mereka terkait pasien yang mengalami gangguan dalam proses pengolahan matematika, misalnya disklakulia.  Dehaene dkk (2004) melakukan  studi literatur dan berbagai pendekatan neuropsikologi dengan memandingkan gambar MRI, dan pencitraan otak lainnya. Proses ini tidak hanya bergantung kepada otak kiri, namun otak kanan juga berperan ketika pemerosesan aritmatika terjadi di otak.

Skema proses pengolahan informasi aritmatika dalam otak,

Skema proses pengolahan informasi aritmatika dalam otak.  Singkatan:left AG, Angular Gyrus bagian kiri; FuG, fusiform gyrus; HIPS, horizontal segment of intraparietal sulcus; IFG, inferior frontal gyrus

 

Gambar di atas, menyesuaikan dengan domain nomor model multiple – rute klasik dari membaca kata, merupakan sintesis disederhanakan diagram yang sama di referensi dalam Dehaena, dkk (2004). Meski masih kurang ditentukan baik di tingkat anatomi dan fungsional, diagram tersebut mungkin mulai menjelaskan berbagai dissociations neuropsikologi yang diamati dalam kasus kerusakan otak pada manusia dewasa ( situs kerusakan fungsi otak ditunjukkan dengan bintang ) . Lesi 1 , terkait dengan Alexia murni, akan menciptakan ketidakmampuan untuk membaca angka dan untuk perkalian , tetapi tidak membandingkan atau mengurangi. Lesi 2, terkait dengan disleksia fonologi, akan menciptakan ketidakmampuan untuk membaca angka, tetapi tidak untuk perkalian, mengurangi atau membandingkan. Lesi 3 dan 4 mungkin menjelaskan sering disosiasi ganda antara perkalian dan pengurangan pada pasien yang masih bisa membaca angka, dan ada atau tidak adanya defisit terkait dibandingkan dan pengolahan numerosity non – simbolis. Lesi 5 mungkin menjelaskan kemampuan perhitungan sisa pada pasien yang gagal untuk menghasilkan solusi dari masalah aritmatika lisan, tapi masih bisa menyelesaikannya dalam menulis.

Uraian skema di atas adalah sebagai berikut.  Informasi angka yang ditangkan indera dalam bentuk visual number form, diolah pada fusiform gyrus bagian kiri dan kanan.  Bila masuk ke dalam fusiform gyrus kiri dalam hemisphere kiri maka output yang keluar adalah dalam bentuk fonologikal.  Di dalam hemisphere kiri terjadi verbal representation, serta quantity representation.  Informasi ini masuk ke dalam hemipshere kiri dimana ini adalah ranah bahasa dan pemanggilan informasi yang disimpan karena bersifat menghapal.  Namun ketika terjadi quantity representation seperti membandingkan mana yang lebih besar atau lebih banyak, maka terjadi pengolahan informasi pada hemisphere kiri dan kanan, khususnya pada hemisphere kanan.  Quantity represntation ini terjadi pada HIPS baik di bagian kiri maupun bagian kanan.  Untuk mempermudah gambaran di atas dapat kita lihat pada anatomy otak di bawah ini.

Anatomi otak

Anatomi otak

Secara gamblang skema di atas menjelaskan bahwa proses aritmatika ataupun matematika yang terjadi adalah proses komplek. Ada proses pengenalan simbol, membaca, pemahaman, dan juga proses aritmatika.  Bagimana bagian otak teraktifkan akibat rangkaian proses yang ada.  Tidak hanya bergantung kepada otak kiri, namun juga bagaimana otak kanan teraktifkan dalam pemerosesan aritmatika. Tidak parsial namun bersinergi antar semua bagian.

Gambaran informasi di atas menunjukkan keilmuan psikologi memiliki peran untuk mengetahui fungsi-fungsi otak dari bagian yang ada, khususnya dalam bidang neuropsikologi.  Jika terjadi kerusakan  fungsi, maka tugas dari psikolog dan terapis untuk memperbaikinya dengan intervensi.  Bagaimana sentuhan keilmuan psikologi ini berperan di masyarakat dari informasi penelitian Dehaene, dkk (2004). Khususnya bagaimana membantu individu dengan kesulitan belajar matematika dengan menerapkan intervensi yang berbasiskan pada brain-oriented.

Referensi

Dehaene, S.,  N. Molko, L. Cohen & A.J. Wilson. 2004.  Arithmetic and the brain. Current Opinion in Neurobiology, 14:1–7. [Online]. Diakses 31 Mei 2014.

http://www.aboutdyscalculia.org/DehaeneMolkoCohenWilson2004.pdf

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: