Menelaah Otak Saat Pikiran Tergantikan

Fungsi kerja otak adalah berpikir.  Bagaimana dia menghasilkan respon atas perintah atau pun kebebasan memilih adalah sebuah rangkaian proses dari berpikir.  Produk atau hasil akhir berpikir adalah tindakan.

Bila individu berpikir atau tidak, dapat dilihat dari tindakan atau perilakunya, apakah sesuai perintah atau tidak. Ini adalah bentuk suatu keterpaksaan.  Disisi lain, individu juga bebas memilih.  Dia memiliki inisiatif, yaitu kebebasan memilih suatu tindakan.

Fungsi kerja otak adalah reaksi dari jutaan syaraf yang membentuk suatu mekanisme.  Mereka terhubungkan satu dengan yang lain dalam bentuk impuls listrik.  Reaksi kimia neurontransmitter dan kejutan listrik yang terjadi di otak, membentuk suatu rangkaian reaksi sehingga terbentuk tindakan atau perilaku.  Inilah kerja dari berpikir.

Mekanisme syaraf ini menekankan pemilihan dan awalan dari tindakan sukarela dalam ketidakhadiran perintah dari luar yang tidak dimengerti.  Sebuah proses dari berpikir.  Mekanisme ini biasanya diteliti menggunakan paradigma bahwa perbedaan pilihan gerakan merupakan diciptakan sendiri oleh partisipan dari penelitian pada setiap uji coba.

Fleming, Mars, Gladwin, dan Haggard, meniliti bagaimana ketika pikiran berubah.  Apa yang terjadi di otak.  Mekanisme apa yang terjadi secara neurologi. Mereka melihat “Kebebasan Memillih” ini dibandingkan dengan “Pilihan Terpaksa”, dimana sebuah  rangsangan dari subjek tercatat dimana tindakan untuk membuat pada setiap uji coba.

Berikut adalah rangkaian percobaan dan hasil pencitraan otak dari penelitian mereka.

action selection

Scalp Distribution

S1-locked

 

Preparation Potential

Penelitian Fleming, Mars, Gladwin, dan Haggard, ini berjudul When the brain changes its mind: flexibility of action selection in instructed and free choices, dipublikasikan dalam Cerebral Cortex, 11 February 2009.

Peneliti tersebut memperkenalkan paradigma baru untuk meneliti bentuk dari tindakan terpaksa.  Hal ini dilakukan dengan mengukur teraktifkannya proses-proses otak.  Fungsi kerja ini diawali dengan sebuah instruksi,  baik itu berbalik atau mempertahankan kebebasan dan pilihan terpaksa  dalam periode sebelum sebuah sinyal “go”.

Perintah tak terduga untuk merubah sebuah rencana tanggapan  memiliki perbedaan efek atas pilihan kebebasan dan terpaksa.  Pada percobaan terpaksa, perubahan petunjuk membangkitkan sebuah P300 yang lebih besar dari pada tidak ada perubahan petunjuk.

Hal ini menyebabkan kepada sebuah interaksi signifikan dari pilihan dan perubahan kondisi.  Percobaan Pilihan-bebas menampilkan sebuah kecenderungan melalui pola yang bertolak belakang.

Hal ini menghasilkan usulan bahwa ada perbedaan antara memperbaharui dari tindakan atas pilihan terpaksa dan bebas.

Peneliti ini mengusulkan sebuah kerangka teoritis untuk tindakan yang terbentuk dari dalam dimana mewakili dari tindakan pilihan yang masih tersisa hingga tahap akhir dalam persiapan motorik.  Kerangka teori ini menekankan tingginya modalitas dari tindakan sukarela.

 

Referensi

S.M., Fleming, R.B. Mars, & T.E. Gladwin, and P. Haggard. When the Brain Changes Its Mind: Flexibility of Action Selection in Instructed and Free Choices.  Cerebral Cortex,February 11, 2009 doi:10.1093/cercor/bhn252

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: