FISIOTERAPI UNTUK KESULITAN BELAJAR

Penanganan kesulitan belajar juga dapat dilakukan dengan fisioterapi.  Fungsi fisiologi tubuh khususnya syaraf  pusat dan tepi  dapat dioptimalkan dengan bantuan fisioterapi.  Terlebih pada kasus hambatan kognitif, misalnya slow learner, learning disability, keterlambatan bicara, gangguan sensoris, gangguan motorik halus dan kasar, adhd, Pdd nos dan autisme. Fisioterapi dapat diberikan sejak bayi usia dua minggu sampai dengan usia dewasa.

Klinik psikoneurologi menyediakan fasilitas fisioterapi, seperti:

tens 6 chanel

tens 6 channel, untuk motorik halus dan kasar.  

Tens atau yang dikenal dengan transcutaneus electricanervestimulation (TENS) berfungsi untuk kasus adanya rasa nyeri, kelemahan otot, dan keterbatasan lingkup gerak sendi yang ternyata mempengaruhi motorik halus anak saat menulis.  Kondisi ini harus diperbaiki agar kemampuan motorik halus anak dapat segera terkondisi sedini mungkin sebelum anak memasuki usia sekolah yang menuntut aktivitas motorik halus yang lebih intensif.  Kekuatan otot tulang belakang untuk menyangga anak duduk saat belajar yang memakan waktu sekitar empat jam membutuhkan kekuatan otot yang baik.  Masalah pada kekuatan otot tulang belakang juga bisa berdampak pada kemampuan anak untuk bisa mempertahankan konsentrasinya saat belajar.  Biasanya gangguan ini dialami oleh anak ADHD/hiperaktif yang memang tidak melalui proses merangkak pada saat bayi.  Sehingga otot tulang belakangnya kurang kuat untuk mempertahankan duduk saat belajar lebih lama.

Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu

Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu

infra merah, untuk rangsangan syaraf di batang otak.  

Alat infra merah ini berguna untuk memperbaiki motorik karena adanya fungsi syaraf dan otot yang lemah, terutama gangguan pada syaraf tepi, radang selaput otak, sumbatan di selaput otak akibat virus maupun karena kelainan fungsi perkembangan yang menyebabkan gangguan pergerakan motorik anak.  Dengan cara memberikan panas dibagian kepala, leher, dan punggung.  Tujuan terapi ini agar anak memiliki kekuatan otot dan sendi-sendi tulang belakang dan tulang leher yang baik saat duduk berkonsentrasi belajar.

ultrasound

ultra sound untuk motorik halus dan jari.  

Ultrasound digunakan untuk penurunan nyeri tangkuk dan motorik halus seperti tangan dan jari-jari. Melepaskan perlengketan dan gumpalan di leher akibat adanya pembengkakkan otot yang tertarik. Semua fungsi ini berperan aktif saat seseorang melakukan konsentrasi atau mempertahankan duduk dalam waktu yang lama.  Pada kasus anak dengan kesulitan belajar, motorik halus seperti jari-jari ada yang memiliki hambatan di dalam aktivitas menulis sehingga tulisannya menjadi kurang rapi dan cenderung tidak dapat dibaca.  Fisioterapi ini dilakukan secara rutin tiga kali seminggu selama enam bulan, akan menunjukkan perbaikan yang signifikan pada motorik halusnya.

Microwave diathermy

Microwave Dia thermy

Microwavve  diat hermy juga dapat membantu memperlancar peredaran darah, mengurangi rasa sakit, mengurangi spasme otot, membantu meningkatkan kelenturan jariangan lunak, dan mempercepat penyembuhan radang.  Pada kasus anak kesulitan belajar sering mengalami gangguan pada tulang belakang seperti rasa sakit, spasme otot, kekakuan jaringan lunak yang seharusnya diperbaiki dengan fisioterapi agar konsentrasi belajar dapat dicapai dengan baik.  Pada anak dengan kasus kesulitan belajar gangguan sensori motorik jadi masalah karena adanya gangguan pada batang otak atau tulang belakang yang menyimpan banyak syaraf. Oleh sebab itu perbaikan sedini mungkin pada kasus tersebut akan membantu proses perkembangan sensori integrasi motorik dengan lebih baik.

thermal untuk tulang belakang.  Alat ini  mampu memberikan kekuatan energi pada tulang belakang dengan memberikan radiasi gelombang panas pada frekuensi tertentu.  Pada sebagian orang khususnya anak yang mengalami cerebalpalsi mengalami gangguan tulang belakang.

Nebulizer, Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu

Nebulizer, Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu

nebulizer utk terapi paernapasan yang mengalami gangguan kosentrasi dan memori kesulitan belajar.

Alat ini adalah alat untuk melancarkan pernapasan karena gangguan pernapasan seperti batuk, pilek, ataupun asma bisa mengganggu paru-paru.  Kondisi ini mempengaruhi suplai oksigen ke otak, yang apabila berlngsung terus menerus akan mengganggu konsentrasi dan memori.  Oleh sebab itu, beberapa kasus gangguan pernapasan akibat alergi dalam jangka panjang, dapat menyebabkan anak akan mengalami gangguan kesulitanbelajar apabila tidak segera ditangani.

20150227_134224

EEG

Alat eeg untuk latihan menstabilkan emosi.

Adalah jenis fisioterapi untuk orang yang mengalami manik depresif, depresi, dan obsesif kompulsif yang menyerang usia anak-anak. Kecenderungan anak yang sulit mengontrol  emosinya pada ssaat dewasa akan memberikan pengaruh pada kemampuan konsentrasi pada saat belajar.  Dengan menggunakan alat EEG, anak dapat mengntrol sendiri ambang batas emosi yang dimilikinya dan cara mengatasi perasaan emosi itu yang berupa mood untuk menjadi lebih baik dengan kekuatannya sendiri.

 

Fisioterapi Akupuntur Listrik setara akupuntur 1000 jarum

alat elektroakupuntur

Fisoterapi ini mampu meningkatkan fungsi fisiologi syaraf pusat dan tepi sehingga mampu meningkatkan kecerdasan.  Teknik ini setara dengan 1000 jarum akupuntur namun  tidak menimbulkan rasa sakit serta aman bagi anak.  Melalui bantuan teknik akupuntur listrik ini, tumbuh kembang fisiologi tubuh anak dioptimalkan sehingga mampu meningkatkan kecerdasan.

Penelitian yang dilakukan oleh Tian YPQi RLi XLWang YLZhang YJi THou CYWang LJ. dalam artikel ilmiahnya yang berjudul “Acupuncture for promoting intelligence of children–an observation on 37 cases with mental retardation” memberikan gambaran bagaimana teknik akupuntur mampu meningkatkan kecerdasan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan terapi selama empat minggu, anak yang dilakukan terapi akupuntur terjadi peningkatan IQ yang lebih baik dibandingkan kontrol.

mekanisme perjalanan elektromagnetik di dalam otak, dijelaskan sebagai bentuk perangsangan syaraf atau neuron di otak. Proses pembelajaran melibatkan penguatan pengkondisian neurons jika dilakukan secara terus menerus. Penguat neurons menyebabkan terbentuknya synapse yang menghubungkan sirkuit saraf (dendrite) dengan sirkuit saraf yang menghubungkan tanggapan (axon). Synapse ini kemudian akan meneruskan sinyal  ke bagian inti sel syaraf melalui sel piramida untuk melakukan depolarisasi (percabangan) menjadi sejumlah axon. Proses ini akan meransang pembenatukan sinapsis karenaa elektro akupuntur melalui dua bentuk ransangan long term depression (LTD) dan long term potensial (LTP). Keduanya merupakan sirkuit neuron yang memperkuat proses terbentuknya synapse melalui proses associative. LTP  akan merangsang reseptor AMPA dan NMDA didalam dendrite ( Carlson 2010, hal 454)

Sinapsis

Gambar 1. Long-term Potentiations  dalam Carlson, N.R. (2010). Physiology of Behavior. Boston : Allyn & Bacon hal 446)

Dalam setiap bagian dendrite dibutuhkan sejumlah neurotransmitter untuk memperkuat jalannya proses. Neurontransmitter yang sangat penting dalam proses pembelajaran adalah hormon dopamine. Badan sel dari sistem yang paling penting dari neuron dopaminergik terletak di bagian ventral tegmental. Bagian ini yang akan meransang akson untuk kemudian memproyeksikan  inti sel di bagian prefrontal cortex, dan amygdala (Carlson , 2010). Studi microdialysis menunjukkan bahwa pemberian penguat (reinforcement) secara  alami ataupun buatan dapat merangsang pelepasan di accumbers inti pada manusia untuk menghasilkan dompamine yang berguna dalam proses pembelajaran (Carlson, 2010 hal .446-449).

Dalam penelitian lainnya, peneliti menemukan bahwa akupunktur dapat “secara efektif meredakan gejala autisme anak dan meningkatkan kecerdasan, kemampuan bahasa dan kemampuan sosial adaptif.” Penelitian ini mendokumentasikan bahwa usia bukan faktor. 4 sampai 6 tahun kelompok usia ditingkatkan dan 2 sampai 3 tahun kelompok usia meningkat sama. Prinsip kulit kepala pengobatan akupunktur yang digunakan dalam penelitian ini adalah “mendapatkan kembali kesadaran dan membuka lubang tersebut.” Sebuah studi yang sama menyimpulkan bahwa kulit kepala akupunktur dikombinasikan dengan terapi bahasa “memiliki efek signifikan positif pada perkembangan bahasa pada anak-anak dengan autisme.” Masih dalam studi lain , 12 kunjungan akupunktur menggunakan elektro-akupuntur meningkatkan fungsi pada anak dengan autisme. Elektro-akupunktur menyebabkan perbaikan dalam pemahaman bahasa dan kemampuan perawatan diri untuk anak-anak di double-blind,, percobaan ini acak, sham dikontrol klinis akupunktur untuk pengobatan gangguan spektrum.

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:

Muhbikun 085813985500

Diana 085693621369

Agus 08561785391

Referensi

Acupuncture enhances IQ-New discovery. http://www.healthcmi.com/Acupuncture-Continuing-Education-News/1196-acupuncture-enhances-iq-new-discovery#sthash.24pCjnuz.dpuf

Allam H, ElDine NG, Helmy G. Scalp acupuncture effect on language development in children with autism: a pilot study. J Altern Complement Med. 2008 Mar;14(2):109-14.

Huang, J. B., H. F. Cao, J. Hu, L. H. Liu, Z. Wang, and H. Lin. “Clinical research on children mental retardation treated with acupuncture.” Zhongguo zhen jiu= Chinese acupuncture & moxibustion 33, no. 8 (2013): 682.

Carlson, N.R. (2010). Physiology of Behavior. Boston : Allyn & Bacon.

Tian YP1Qi RLi XLWang YLZhang YJi THou CYWang LJ. Acupuncture for promoting intelligence of children–an observation on 37 cases with mental retardation. Journal  of Traditional  Chinese Medicene. 2010 Sep;30(3):176-9.

Wong VC, Chen WX. Randomized controlled trial of electro-acupuncture for autism spectrum disorder.  Altern Med Rev. 2010 Jul;15(2):136-46. Department of Paediatrics and Adolescent Medicine, Queen Mary Hospital, The University of Hong Kong, Hong Kong, China.

Zhongguo Zhen Jiu. 2011 Aug;31(8):692-6. Treatment of autism with scalp acupuncture. Li N, Jin BX, Li JL, Liu ZH. Neuro-Rehabilitation Department, Nanhai Women and Children Hospital Affiliated to Guangzhou University of CM, Guangdong, China.

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: