TERAPI PSIKOLOGIS UNTUK KELUARGA (CBT KELUARGA)

Terapi Keluarga dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan komunikasi dan psikologi yang teradi dalam keluarga

Terapi Keluarga dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan komunikasi dan psikologi yang terjadi dalam keluarga

Kemajuan ilmu dan tekhnology terkadang berdampak buruk bagi perkembangan anak remaja. Tidak jarang masalah komunikasi kita temukan, diantaranya adalah masalah  psikologis akibat buruknya komunikasi antara remaja dengan dengan orang tua. Dalam masa perkembangan anak sering merasa gelisah akibat penyesuaian diri terhadap perubahan perkembangan. Anak sering kita temui, menangis dan sedih berkepanjangan, tidak semangat  belajar, menentang dan melawan orang tua. Apabila hal ini didiamkan, biasanya akan berkembanga kemasalah hubungan antar saudara. Anak cendrung menarik diri dan terkadang mencari perhatian di luar lingkungan sosialisasinya.

Oleh karena itu, Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu memberikan pelayanan terapi keluarga sebagai alternatif penyelesaian masalah psikologis di atas yang dialami oleh individu dan keluarga. Anak akan dihadirkan bersama anggota keluarga lainnya untuk diajak berkomunikasi secara terbuka. Anak diharapkan dapat merealisasikan masalahnya secara terbuka. Pada saat ini orang tua diharapkan juga dapat membuka diri untuk menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi.

Hal utama dari terapi keluarga adalah pemahaman  family system theory bahwa permasalahan individu harus dipahami dalam keluarga besar dan sistem lingkungannya, dimana hal ini akan menghasilkan kunci sukses dari pengobatan.  Terapi keluarga menghasilkan cara berpikir yang sistematis, rasional, dan kelompok strategi untuk intervensi dengan individu, pasangan, keluarga, dan sistem lainnya.

Anak akhirnya menyadari, bahwa dirinya merupakan bagian dari  sebuah keluarga besar. Menyadari bahwa kesuksesan dirinya merupakan hasil dari dukungan orang tua. Terapi keluarga berfokus pada  hubungan interaksi  dengan mempertimbangkan pengaruh biologis, lingkungan, dan budaya terhadap subjek atau klien.  Dengan memperbaiki pola ber[ikir, diperoleh  cara berpikir yang sistematik dan siap menghadapi hubungan yang lebih komplek dengan dunia luar.

Kesahatan mental berkaitan erat dengan dukungan dan perhatian keluarga terhadap individu.

Kesahatan mental berkaitan erat dengan dukungan dan perhatian keluarga terhadap individu.

Terapi keluarga adalah didasarkan kepercayaan bahwa keluarga adalah sebuah sistem sosial yang unik dimana dengan struktur dan pola komunikasi yang unik.  Pola-pola ini ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal anak dalam suatu keluarga besar (kakek, bibi, dan paman).  Setiap keluarga membangun kepribadian sendiri, dimana hal itu sangat kuat dan mempengaruhi anggotanya (www.webmd.com). Terapi keluarga di dasarkan pada beberapa konsep sebagaimana:

  1. Penyakit pada satu anggota keluarga mungkin dapat berupa simptom dari masalah keluarga yang lebih besar. Jika salah satu anggota keluarga yang mengalami penyakit tidak diobati, kemungkinan  akan berlanjut dan mem[egaruhi anggota keluarga lainnya.
  2. Segala perubahan dari satu anggota keluarga akan mempengaruhi baik struktur keluarga dan setiap anggota keluarga lainnya (www.webmd.com).

Terapi keluarga sukses untuk mengobati perbedaan situasi yang berbeda dari keluarga, termasuk di dalamnya:

  1. Orang tua yang memiliki konflik di dalam hubungan keluarga.
  2. Anak yang memiliki masalah perilaku baik di rumah dan sekolah
  3. Anak atau remaja yang memiliki masalah dalam beradaptasi dengan teman sebayanya.
  4. Salah satu anggota keluarga memiliki gangguan psikologis dalam waktu yang panjang sehingga menyakiti orang lain.

Permasalahan psikologis pada remaja dan dewasa seperti gangguan emosional, manic-depp, depresi, gangguan perilaku, dan gangguan psikologis lainnya akan membaik karena adanya dukungan keluarga dan pemahaman keluarga yang tercipta melalui terapi keluarga.  Dukungan dan pemahaman dari keluarga sangat penting agar mereka merasa diterima dan dihargai sehingga kecemasan yang timbul berkurang.  Melalui terapi yang berkelanjutan dan intensif, sangat dimungkinkan penderita gangguan psikologis dapat produktif dan beraktivitas kembali secara normal.

Pelayanan terapi keluarga di Klinik Psikoneruologi Hang Lekiu dilakukan pada hari Senin – Sabtu, pada jam kerja.  Untuk informasi lebih lanjuta,  dapat menghubungi sdr. Agus di 08561785391.

Referensi

Doherty, W.J. & S.H. McDaniel. 2010. Family therapy. APA. Washington DC, 20002

http://www.webmd.com/balance/family-therapy-6301

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: