Peran Bahasa Dalam Komunikasi dan Deteksi Dini Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak

Komunikasi adalah hal utama dalam pengasuhan khususnya di era global.  Peran orang tua adalah penting dalam membina komunikasi dengan buah hati agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.  Terlebih pada fase ini, komunikasi khususnya perkembangan bahasa pada anak tidak dapat dianggap remeh.  Bahasa dapat dijadikan dini keterlambatan perkembangan mental dan tumbuh kembang anak.

Pembicara seminar “Peran Strategis Ayah Bunda dan Keluarga Besar Dalam Pengasuhan Anak dan Remaja di Era Global”, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si., Melani Arnaldi, M.Psi., Psi., dan Ibu Fery Anis Baswedan, S.Psi., M.S. (dari kiri)

Pembicara seminar “Peran Strategis Ayah Bunda dan Keluarga Besar Dalam Pengasuhan Anak dan Remaja di Era Global”, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si., Melani Arnaldi, M.Psi., Psi., dan Ibu Fery Farhati Ganis Anis Baswedan, S.Psi., M.S. (dari kiri)

Pentingnya bahasa dalam perkembangan tumbuh kembang anak disampaikan oleh Melani Arnaldi, M.Psi., Psi.., Kepala Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu dalam Seminar Sehari yang bertema: “Peran Strategis Ayah Bunda dan Keluarga Besar Dalam Pengasuhan Anak dan Remaja di Era Global”.  Acara ini dilaksanakan di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Minggu, 20 September 2015.  Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Fery Farhati Ganis Anis Baswedan, S.Psi., M.S. dan Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si., sebagai pembicara pada acara tersebut.

Lebih lanjut, Melani Arnaldi menekankan proses komunikasi, khususnya penggunaan bahasa adalah rangkaian proses yang komplek dalam pengolahan informasi di otak.  Bagaimana otak bekerja secara dengan sistem yang rumit untuk mengolah informasi dari indera dan menampilkan respon dalam percakapan atau bahasa yang digunakan individu.  Bila terjadi gangguan dalam proses pengolaha informasi di otak maka akan terlihat dari gangguan atau kekacauan dalam penggunaan bahasa dibandingkan individu normal.  Oleh karena itu, bahasa menjadi penting dan dapat dijadikan indikasi terhadap keterlambatan ataupun gangguan pada perkembangan anak.

Di sisi lain, terkait pengasuhan atau parenting dan penggunaan bahasa adalah anak dapat meniru perilaku penggunaan bahasa orang tua.  Hal ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak.  Oleh karena itu orang tua sudah selayaknya menjaga lingkungan tumbuh kembang anak yaitu keluarga.   Orang tua juga selayaknya menjalin komunikasi yang efektif dengan anak dan menjadi bijak dalam penggunaan bahasa karena akan dijadikan model oleh anak.

Acara foto bersama pada seminar “Peran Strategis Ayah Bunda dan Keluarga Besar Dalam Pengasuhan Anak dan Remaja di Era Global” (Minggu, 20 September 2015)

Acara foto bersama pada seminar “Peran Strategis Ayah Bunda dan Keluarga Besar Dalam Pengasuhan Anak dan Remaja di Era Global” (Minggu, 20 September 2015)

Peserta seminar yang merupakan guru Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang tergabung dalam Komunitas Belajar Bengkel Kreasi (KBBK) Titian Insan Cemerlang antusias dalam mengikuti acara ini.  Berbagai pertanyaan terkait pengasuhan, kegiatan belajar dan mengajar diajukan peserta kepada pembicara di atas.  Kegiatan ini adalah pelatihan berkelanjutan yang dilakukan KBBK sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pengajar di TK dan PAUD sekitar JABODETABEK pada khususnya dan Indonesia pada umumnya (ags/Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu).

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: