Pelatihan Terapis ADHD Angkatan II: Intervensi ADHD Bagi Orang Tua Dan Guru

IMG_4858.JPG

Sesi foto bersama peserta pelatihan terapis ADHD angkatan II dengan Melani Arnaldi, M.Psi., Psi. (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu mengadakan pelatihan terapis ADHD untuk angkatan ke II.  Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 21 November 2015.  Pelatihan ini dihadiri dari perwakilan guru dari SD Al Azhar 01 Pusat, SD Muhammadiyah 5 Limau, SD Muhammadiyah 28 Cipulir, orang tua anak dengan ADHD, dan pemerhati pendidikan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan acara berkesinambungan tentang pelatihan intervensi kesulitan belajar yang setiap bulannya diadakan oleh Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.  Tema yang diangkat berbeda-beda tiap bulannya serta terkait dengan kasus kesulitan belajar, yaitu ADHD, ADD, Keterlambatan Bicara, Slow Learner, Gangguan Emosional, Gangguan Perilaku, Ekspresi Bahasa, dan lain-lain. Pelatihan tersebut diadakan dua kali dalam sebulan yaitu minggu kedua dan keempat dengan kapasitas peserta adalah sepuluh orang per pelatihan.  Untuk bulan November 2015, tema yang diangkat adalah kasus Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD).

IMG_4850

Sesi video kasus, penayangan intervensi anak ADHD dengan terapi Metakognitif (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Pelatihan satu hari tentang ADHD ini terdiri atas tahapan studi kasus, pengenalan teori, video kasus, pengenalan screening ADHD, dan pengenalan intervensi ADHD dengan pembicara tunggal Melani Arnaldi, M.Psi., Psi sebagai Kepala Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.

Pelatihan ini diperdalam dengan screening dan intervensi yang dilakukan melalui penayangan video kasus terapi anak dengan ADHD.  Peserta melihat bagaimana perilaku anak dengan ADHD, khususnya yang komorbid dengan mood disorder atau manic depresive dan intervensi yang dilakukan oleh Melani Arnaldi, M.Psi., Psi.,  beserta terapis lain dari Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.  Selanjutnya peserta melakukan latihan untuk mengisi alat test screening ADHD yang diberikan.

Pada pelatihan ini dijelaskan oleh Melani Arnaldi, M.Psi., Psi., bagaimana menangani anak dengan ADHD di sekolah formal dan juga di rumah.  Khusus di sekolah atau kelas, bagaimana menangani anak dengan ADHD khususnya agar anak dapat mengikuti pelajaran dengan baik.  Bagaimana cara menasehati anak di sekolah dilakukan pada saat yang tepat, yaitu saat anak duduk tenang atau kelelahan setelah bermain.  Saat di rumah, anak dinasehati saat sebelum tidur.  Momen ini biasanya efektif dalam menasehati anak dibandingkan saat mereka sedang melakukan kesalahan atau aktif beraktivitas yang membahayakan dirinya dan orang lain.

Dijelaskan juga bagaimana dengan alat atau skala screening ADHD ini dapat membantu sekolah.  Melalui skala atau alat screening ADHD yang diisi oleh orang tua dan guru kelas, dapat digunakan oleh guru kelas, guru bimbingan dan konseling, serta manajemen sekolah ketika berhadapan dengan orang tua siswa dengan ADHD jika perilaku anaknya sudah mengganggu aktivitas kelas atau siswa lain.  Pengisian ini dapat dijadikan landasan atau bukti bagaimana perilaku anak tersebut telah cukup menganggu sehingga siswa bersangkutan perlu dibawa ke psikolog untuk diperiksa atau diterapi lebih lanjut.

IMG_4853

Sesi pengenalan dan pengisian alat atau skala screening anak dengan ADHD yang dibawakan oleh Melani Arnaldi, M.Psi., Psi. (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

Peserta antusias dan merespon positif pelatihan ini. Mahmudah S.Pd, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 28 Cipulir mengatakan bahwa guru dan sekolah sangat membutuhkan pelatihan seperti ini dalam rangka meningkatakan kualitas dalam bertugas.  Tita Dewi Pursita, S.Pd, guru SD Al Azhar 01 Pusat mengatakan acara ini sangat baik dan dibutuhkan supaya guru bisa mengetahui serta menangani anak-anak yang ADHD dan hiperaktif dengan metode yang tepat.  Sebagai guru bimbingan konseling, Nurulfadillah, S.Psi mengatakan bahwa acara ini sangat baik dan bermanfaat untuk profesi beliau sebagai konselor di sekolah atau bimbingan konseling.  Ibu Titah, sebagai orang tua dari anak dengan ADHD menyambut baik acara ini karena bermanfaat dan bagus sekali untuk orang tua yang mempunyai anak dengan ADHD. (ags/Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu).

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: