Workshop Kupas Tuntas Anak Kesulitan Belajar

Dalam rangka memperluas wacana intervensi dan penanganan anak kesulitan belajar, Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu mengadakan “Workshop Kupas Tuntas Anak Kesulitan Belajar”.

Kegiatan pelatihan ini merupakan acara berkesinambungan tentang workshops intervensi kesulitan belajar yang setiap bulannya diadakan oleh Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.  Tema yang diangkat berbeda-beda tiap bulannya serta terkait dengan kasus kesulitan belajar, yaitu ADHD, ADD, Keterlambatan Bicara, Slow Learner, Gangguan Emosional, Gangguan Perilaku, Ekspresi Bahasa, dan lain-lain. Pelatihan tersebut diadakan dua kali dalam sebulan yaitu minggu kedua dan keempat dengan kapasitas peserta adalah sepuluh orang per pelatihan.

Untuk bulan November 2015, tema yang diangkat adalah kasus Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD).  Sedangkan bulan Desember 2015 dan Januari 2016 bertema “Slow Learner dan Keterlambatan Bicara”.

Workshops satu hari tentang kesulitan belajar ini terdiri atas tahapan studi kasus, pengenalan teori, video kasus, pengenalan screening dan pengenalan intervensi dengan pembicara tunggal Melani Arnaldi, M.Psi., Psi sebagai Kepala Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.

Target peserta dari kegiatan ini adalah

  1. Mahasiswa sarjana (S1), pasca sarjana (S2), dan profesi dari Fakultas Psikologi dan Keguruan;
  2. Guru, konselor sekolah, dan praktisi pendidikan
  3. Psikolog dan terapis anak berkebutuhan khusus dan atau anak kesulitan belajar
  4. Orang tua dengan anak kesulitan belajar
  5. Dosen Fakultas Psikologi dan Keguruan atau Pendidikan
  6. Pemerhati pendidikan
  7. Umum

Peserta dalam acara ini akan memperoleh:

  1. Buku pelatihan
  2. Skala atau kuesioner untuk deteksi dini anak kesulitan belajar
  3. Snack dan Makan Siang
  4. Seminar kit
  5. Sertifikat
IMG_5098.JPG

Buku Workshop Kupas Tuntas Masalah Anak ADHD yang berisi pengenalan teori dan intervensi (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

 

IMG_5096

Buku pelatihan Kupas Tuntas Masalah Anak Slow Learner yang berisi pengenalan teori, penjelasan dari sudut pandang neuropsikologi, dan cara intervensi. Dijelaskan dalam Workshops Kupas Tuntas Masalah Anak Slow Learner dan Keterlambatan Bicara, Desember 2015 dan Januari, 2016

 

IMG_5099.JPG

Skala Self-awareness untuk deteksi dini anak dengan ADHD diterangkan pengisiannya dalam Workshop Kupas Tuntas Masalah Anak ADHD, November 2015 (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

IMG_5100.JPG

Skala Executive Function (BDEF-CA) yang dijelaskan pengisiannya dalam Workshop Kupas Tuntas Masalah Anak ADHD, November 2015 (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

 

IMG_5101

Skala Self-Regulation yang cara pengisiannya dijelaskan dalam Workshops Kupas Tuntas Masalah Anak ADHD, November 2015

 

IMG_5097

Skala Melani Metakognitif Intervention yang digunakan untuk anak slow learner. Dijelaskan cara pengisiannya dalam Workshops Kupas Tuntas Masalah Anak Slow Learner dan Keterlambatan Bicara, Desember 2015 dan Januari, 2016 (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

Peserta merespon positif dan antusias dalam pelatihan ini. Diantaranya, Mahmudah S.Pd, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 28 Cipulir mengatakan bahwa guru dan sekolah sangat membutuhkan pelatihan seperti ini dalam rangka meningkatakan kualitas dalam bertugas.  Tita Dewi Pursita, S.Pd, guru SD Al Azhar 01 Pusat mengatakan acara ini sangat baik dan dibutuhkan supaya guru bisa mengetahui serta menangani anak-anak yang ADHD dan hiperaktif dengan metode yang tepat.  Sebagai guru bimbingan konseling, Nurulfadillah, S.Psi mengatakan bahwa acara ini sangat baik dan bermanfaat untuk profesi beliau sebagai konselor di sekolah atau bimbingan konseling.  Ibu Titah, sebagai orang tua dari anak dengan kesulitan belajar menyambut baik acara ini karena bermanfaat dan bagus sekali untuk orang tua yang mempunyai anak dengan ADHD. (ags/Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu).

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: