Intervensi Slow Learner dan Keterlambatan Bicara Melalui Metode MMI

IMG_5559.JPG

Melani Arnaldi, M.Psi., Psi dengan peserta workshop Kupas Tuntas Slow Learner dan Keterlambatan Bicara, Sabtu 13 Februari 2016 (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu) 

Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu mengadakan workshops terapis “Slow Learner dan Keterlambatan Bicara” untuk angkatan ke IV, Sabtu, 13 Februari 2016.  Workshop ini dihadiri oleh psikolog, dosen program studi psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, mahasiswa Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya, guru TK Al Azhar 1 (Pusat) Kebayoran Baru, dan perwakilan guru SD Islam Syifa Budi Kemang.

Kegiatan pelatihan ini merupakan acara berkesinambungan tentang pelatihan intervensi kesulitan belajar yang setiap bulannya diadakan oleh Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.  Tema yang diangkat berbeda-beda tiap bulannya serta terkait dengan kasus kesulitan belajar, yaitu ADHD, ADD, Keterlambatan Bicara, Slow Learner, Gangguan Emosional, Gangguan Perilaku, Ekspresi Bahasa, dan lain-lain.

Pelatihan satu hari tentang “Slow Learner dan Keterlambatan Bicara” ini terdiri atas tahapan studi kasus, pengenalan teori, video kasus, pengenalan screeningSlow Learner dan Keterlambatan Bicara”, dan pengenalan intervensi slow learner dan keterlambatan bicara dengan pembicara tunggal Melani Arnaldi, M.Psi., Psi sebagai Kepala Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu.

2010101124446.jpg

Sesi pengenalan teori di ruang seminar Klinik Psikoneurologi Hang lekiu (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Dalam sesi penayangan video kasus, bedah kasus dan pengenalan intervensi, dijelaskan bagaimana tahapan proses kognitif berguna dalam mendeteksi dan intervensi anak slow learner.  Terdapat delapan tahapan kognitif, yang dapat dijadikan parameter dan digunakan dalam Melani Metakognitif Intervnetion (MMI) bagi anak slow learner dan keterlambatan bicara.  Paramter tersebut yaitu konsentrasi, memori, pemahaman (comprehension), application behavior, analisa, sintesa, evaluasi, dan kreativitas berpikir.

Melani Arnaldi, M.Psi., juga menekankan peran pengasuhan yang penting dari orang tua. Peran dalam pendampingan selama masa tumbuh kembang tidak dapat dielakkan agar tumbuh kembang anak menjadi optimal terlebih anak yang mengalami gangguan slow learner dan keterlambatan bicara.

IMG_5548.JPG

Sesi pengenalan teori dan pemaparan materi oleh Melani Arnaldi, M.Psi., Psi (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Lebih lanjut untuk anak yang mengalami keterlambatan bicara dijelaskan tahapan dalam mengintervensinya.  Terdapat  lima tahapan proses dalam berbicara yaitu attachment and social interaction, attention and listening, understanding, talking, dan speech sound. Secara umum pada tahapan awal adalah bagaimana awareness anak dibangun terhadap lingkungan sekitarnya sehingga ia dapat memahami konteks.

Digambarkan oleh Melani Arnaldi, M.Psi., Psi. bahwa pelatihan pada terapi di Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu kepada anak dengan slow learner dapat meningkatkan nilai akademis di sekolah formal dilihat dari pencapaian nilai akademis mereka. Melalui pelatihan yang tepat, anak dengan slow learner dapat bertahan dan sukses di sekolah formal.  Hal ini terbukti dengan nilai akademis yang diperoleh peserta terapi anak dengan slow learner di Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu yang dapat memenuhi nilai Ketuntasan Kriteria Minumum (KKM) dari sekolah formal setelah menjalani terapi 1 – 3 bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu.

IMG_5557.JPG

Sesi Penayang Video Kasus dan Bedah Kasus. Dijelaskan dalam sesi ini bagaimana menggunakan skala dan parameter untuk terapi dan deteksi anak Slow Learner (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Melalui teknik pelatihan prosedural terhadap fluid intelligence, yaitu humor, self-awareness, memory, verbal fluency, dan attention maka anak dengan slow learner dapat meningkatkan kecepatan pemerosesan informasi di otaknya.  Penjelasan lebih lanjut dari Melani Arnaldi, M.Psi., Psi mencontohkan teknik tersebut saat terapi dilakukan dengan membacakan buku cerita bergambar  untuk meningkatkan rasa humor, self-awarenes, dan verbal fluency mereka.  Teknik membaca meniru dan menyalin kalimat atau merangkum sebagai latihan memory yang pada akhirnya juga meningkatkan fluid intelligence.

Peserta merespon positif dan antusias dalam pelatihan ini. Wulan, dosen program studi psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta mengatakan bahwa workshop ini berjalan menyenangkan, jelas, dan membuka wawasan baru.  Siti Zulhunaifah, guru TK Al Azhar 1 mengatakan bahwa pemateri mudah dalam menyampaikan sehingga materi mudah dipahami.  Ani Khairani, psikolog dari UNIK.Edu+ mengatakan bahwa workshop ini menambah semangat dan recharge kembali untuk turun ke wilayah terapi anak-anak denga n kesulitan belajar, serta dipandu oleh ahli yang memang bergelut dalam bidang ini (ags/Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu).

Perihal Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu
Dunia anak dan pendidikan adalah menjadi perhatian utama saya sejak tahun 2000. Sejak saat itu saya mulai melakukan penelitian dan mengembangkan terapi untuk mengatasi anak kesulitan belajar yang mencapai 10% dari populasi siswa di setiap sekolah. Hingga saat ini saya merasa beruntung telah mampu mempublikasikan penelitian ilmiah saya di jurnal internasional. Melani Arnaldi, M.Psi., Psi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: