TERAPI

Gangguan psikologis ataupun fungsi dapat diperbaiki dengan berbagai terapi.  Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu memberikan pelayanan terapi untuk membantu memulihkan fungsi yang terganggu.

Pelayanan Terapi yang diberikan yaitu:

Fisioterapi.

Fisioterapi merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan untuk individu guna memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh dengan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanik), serta pelatihan fungsi. Terapi yang diberikan untuk gangguan tulang belakang dan Sceliosis, insomnia, stroke, neurostania, depresi dan migraine. Fisioterapi dapat dilakukan dengan fisioterapi listrik yang setara dengan 1000 jarum akupuntur dan merangsang syaraf perifer.  Alat yang digunakan untuk fisioterapi antara lain, Tens, Nebulizer, Ultrasounds, Infra Red, Diathermy.

Fisioterapi Akupuntur Listrik setara akupuntur 1000 jarum

Fisioterapi dengan elektroakupuntur yang setara dengan 1000 jarum akupuntur. Cukup duduk dan menikmati sesi terapi selama 30 menit s/d 1 jam

 

 

Fisioterapi dengan Tens untuk mengurangi nyeri dan melancarkan peredaran darah

Fisioterapi dengan Tens untuk mengurangi nyeri dan melancarkan peredaran darah

 

Terapi Musik dengan piano dan gitar.

Dirancang untuk mengatasi masalah psikologis, membantu proses penyembuhan, meningkatkan kualitas hidup, memaksimalkan potensi otak, pengembangan diri.  Terapi musik aktif ini peserta dapat belajar memainkan alat musik serta memilih lagu yang disukai yaitu pop, jazz, dan klasik.

Terapi Musik4

Terapi Musik (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

Terapi Sensori Integrasi

Membantu individu secara memadai dalam integrasi proses sensori agar

individu tersebut dapat mencapai: Kemampuan dalam mengolah informasi secara tepat, Kemampuan dalam organisasi, Kemampuan dalam berkonsentrasi, Self esteem, Kemampuan kontrol diri, Kepercayaan diri, Kemampuan akademik, Kemampuan berfikir abstrak, Kemampuan spesialisasi dari masing-masing sisi tubuh dan otak

Kemampuan-kemampuan tersebut dibutuhkan oleh seorang anak dalam berinteraksi secara aktif dengan lingkungannya, baik lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat.

Sensori integrasi

Terapi Kesulitan Belajar

Membantu anak untuk memperoleh strategi belajar yang tepat sesuai dengan potensi diri sehingga memperoleh pencapaian akademik yang bagus. Situasi pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan hambatan dari peserta terapi sehingga mereka dapat belajar dengan nyaman.

terapi konsentrasi3

Ruang Komputer dan Belajar Kelompok

Terapi Wicara dengan Alat Bantu

Terapi untuk membantu seseorang menguasai komunikasi bicara dengan lebih baik. Terapi ini biasa diberikan kepada:

  • anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay). Ini merupakan salah satu hambatan tumbuh kembang yang paling umum dialami anak, di mana seorang anak masih belum mencapai kemampuan bicara yang semestinya sudah dikuasai pada usia tertentu. Tentu sebab dari keadaan ini bisa bermacam-macam, dan harus melalui proses ‘screening’ untuk bisa mengevaluasi sebab dan solusinya.
  • anak-anak dan orang dewasa yang baru selesai menjalani operasi celah bibir (cleft lip/sumbing) dan celah langit-langit (cleft palate). Dengan perubahan anatomi sistem bicara, pasien post operasi celah bibir dan langit-langit sangat penting untuk menjalani terapi wicara untuk mendapatkan hasil yang optimal dari operasi tersebut.
  • anak-anak dengan hambatan tumbuh kembang khusus (autisma, down syndrome, tuna rungu, cerebral palsy)
  • anak-anak/orang dewasa yang mengalami gangguan bicara lainnya : gagap (stuttering), cadel, dll.
  • pasien stroke terkadang kehilangan kemampuan bicara, dan terapi wicara bisa membantu pasien melatih kemampuan bicaranya lagi

Konsentrasi

Hipnoterapi untuk Anak Kesulitan Belajar dan Parenting

Hipnoterapi  adalah terapi yang dilakukan pada subjek dalam kondisi Hipnosis, yaitu  sebagai suatu kondisi pikiran dimana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar, di mana tersimpan beragam potensi internal yang dapat dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup. Bagi anak kesulitan belajar dapat diberikan hipnoterapi untuk menghilangkan rasa cemas ataupun hambatan psikologis lainnya, sehingga mereka dapat mengoptimalkan potensi diri mereka.

Sesi Hipnoterapi

 

Cognitive Behavioral Therapy

Cognitive behavioral therapy atau CBT adalah tipe konseling umum (psychoterapy).  Melalui CBT, pasien akan berinteraksi dengan konselor (Psychotherapsit atau therapis) dalam sesi yang terstruktur, dimana menghadiri sejumlah sesi terapi yang terbatas.  CBT membantu dapat membantu remaja menjadi aware (peduli) terhadap pemikiran yang negatif atau tidak sesuai dengan diri dan lingkungan.  Hal ini membuat kita lebih berani dalam menghadapi situasi dan meresponnya dengan cara yang efisien.  CBT dapat menjadi alat yang sangat membantu dalam menangangi gangguan mental atau penyakit mental, seperti kecemasan dan depresi.  CBT dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu setiap orang belajar bagaimana menangani situasi dari kehidupan yang membuat diri kita stress.

Melalui sesi terapi CBT yang dilakukan di Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu mampu meningkatkan self-awareness, motivasi belajar, dan self-regulation pada remaja yang mengalami masalah psikologis.  Sesi CBT yang dilakukan oleh terapis dalam arahan Melani Arnaldi, M.Psi., Psi., dilakukan dalam suasana yang hangat dan kekeluargaan.  Remaja dan orang tua disatukan dalam sesi sehingga permasalahan dalam keluarga maupun anggota keluarga dapat dipecahkan dan hubungan menjadi harmonis kembali.  Komunikasi yang tadinya tertutup dan tersendat, dapat menjadi lancar di dalam keluarga.  Keharmonisan ini adalah sebagai fondasi bagi remaja karena sudah meningkatnya self-awareness, dan self-regulation dalam diri mereka sehingga motivasi belajarnya pun meningkat.

Ruang Terapi CBT yang nyaman dan santai

Ruang Terapi CBT yang nyaman dan santai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terapi ini sukses untuk mengobati perbedaan situasi yang berbeda dari keluarga, termasuk di dalamnya:

  1. Orang tua yang memiliki konflik dalam hubungannya di dalam keluarga.
  2. Anak yang memiliki permasalahan dalam perilaku baik di rumah dan sekolah
  3. Anak atau remaja yang memiliki masalah dalam beradaptasi dengan teman sebayanya.
  4. Salah satu anggota keluarga memiliki gangguan psikologis dalam waktu yang panjang atau menyakiti orang lain, seperti gejala depresi yang parah.

Permasalahan psikologis pada remaja dan dewasa seperti gangguan emosional, manic-depresive, depresi, gangguan perilaku, dan gangguan psikologis lainnya akan membaik karena adanya dukungan keluarga dan pemahaman keluarga yang tercipta melalui terapi keluarga.  Dukungan dan pemahaman dari keluarga sangat penting agar mereka merasa diterima dan dihargai sehingga kecemasan yang timbul berkurang.  Melalui terapi CBT yang berkelanjutan dan intensif, sangat dimungkinkan penderita gangguan psikologis dapat produktif dan beraktivitas kembali seperti orang normal lainnya.

Baby Spa for Intelligence

Fasilitas Baby Spa1

Fasilitas Baby Spa

 

Fasilitas Baby Spa, berupa alat dan sarana pendukung pemijatan, kolam berenang bayi, dan alat bantu fisioterapi bayi untuk latihan berjalan

Fasilitas Baby Spa, berupa alat dan sarana pendukung pemijatan, kolam berenang bayi, dan alat bantu fisioterapi bayi untuk latihan berjalan

Dari sudut pandang fisioterapi pediatric sangat diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.  Terdapat 4 aspek yang bisa dioptimalkan melalui baby spa, yaitu perkembangan motorik kasar, motorik halus, personal sosial, dan bahasa.  Kegiatan baby spa ini dapat mendeteksi secara dini masalah gangguan pada anak  sehingga dapat sedini mungkin di intervensi.   Penting diketahui, penelitian Diana (2014) membuktikan bahwa bayi yang mengikuti baby spa satu kali dalam seminggu akan mengalami penambahan berat badan yang cepat dan lebih nyenyak tidur di malam hari.

Pelayanan yang diberikan dalam Paket Treatment adalah

  1. Berenang
  2. Massage
  3. Terapi Koordinasi motorik
  4. Pemeriksaan Dini tumbuh kembang

 

Pencitraan Otak dan fungsinya

A. EEG (Eletroensefalogram)

IMG-20160513-WA0003

Alat EEG untuk memantau gelombang aktivitas otak, kerja fungsi otak, dan gangguan pada lobus-lobus otak (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Alat EEG (Elektroensefalogram)  digunakan untuk mendeteksi kerja otak setiap area bagian dengan menggunakan gelobang yang ditaruh di atas kepala. Gelombang dapat mengukur tingkat aktivitasnya berada pada level tertentu.      Bedasarkan dari hasil pengukuran dapat dijadikan dasar rancangan intervensi untuk anak dengan kasus kesullitan belajar.

Alat EEG dirancang untuk melihat aktivitas otak  dan area aktivitas otak.  Alat EEG digunakan untuk jmendeteksi kerja otak setiap area bagian dengan menggunakan      gelombang yang ditaruh di atas kepala. Gelombang dapat mengukur tingkat aktivitasnya berada pada level tertentu. Bedasarkan dari hasil pengukuran dapat dijadikan dasar rancangan intervensi untuk anak dengan kasus kesullitan belajar.

Melalui alat EEG ini dapat terlihat aktivitas otak dan lobus-lobusnya. Sehingga gangguan pada lobus-lobus otak dapat dideteksi.  Deteksi yang akurat dapat mempermudah diagnosa dan penentuan jenis terapi yang akan dilakukan sehingga dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

B. Neurofeedback

IMG-20160513-WA0001

Alat Neurofeedback untuk melatih konsentrasi (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Neurofeedback adalah alat yang digunakan untuk melatih otak dengan menggunakan layar monitor komputer.   Tujuannya adalah melatih otak secara fisiologi agar mampu berkonsentrasi dan mengontrol attention agar dapat melakukan proses mental. Terapi ini dapat digunakan pada anak ADD.   Pada anak ADD gelombang di otak cenderung lemah sehingga membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan gelombang sampai dengan mencapai gelombang Alpha ataupun gelombang Betha.   Pada kasus  ADD,  Setelah pemberian terapi Neurofeedback terlihat bahwa gelombang Alpha pada anak ADD terlihat lebih stabil.  Pada saat ini otak sudah siap  untuk berkosentrasi, aktivitas mental sehingga gelombang otak akan meningkat ke tingkat  Betha.

 

 

INFORMASI PELAYANAN TERAPI

Muhbikun 082213386726,

Agus 08561785391

 

17 Responses to TERAPI

  1. Rivai Luftain mengatakan:

    alamat dan no telp utk menghungi ?,

  2. dewi mengatakan:

    biaya untuk terapi berapa y?

  3. alfi mengatakan:

    mohon dikirim biaya tes psikologi dan konseling serta biaya terapinya..tks

  4. CD Aktivasi Aura mengatakan:

    Sukses selalu, Bu untuk klinik terapinya

  5. khaerunnisa astari mengatakan:

    biaya terapinya brp yah?

    • Biaya terapi tergantung dari jenis terapi dan frekuensi kedatangan per minggu. Dan biaya terapi terapkan paket perbulannya. Untuk informasi biaya terapi, Ibu dapat menghubungi sdr. Muhbikun (082213386726)

    • Biaya terapi tergantung dari jenis terapi dan frekuensi kedatangan per minggu yang ditentukan dari hasil pemeriksaan atau test kesulitan belajar. Dan biaya terapi yang diterapkan adalah paket perbulannya. Untuk informasi biaya terapi, Ibu dapat menghubungi sdr. Muhbikun (082213386726)

  6. Virgina Komarasari mengatakan:

    boleh saya mendapatkan biaya paket untuk terapinya ? anak saya ADHD dan kesulitan belajar. terima kasih

    • Terima kasih telah mengunjungi web kami. Kami telah mengirimkan biaya terakhir ke email Ibu Virgina. Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan. Untuk informasi dan jadwal pengetesan Ibu dapat mengubungi sdr. Agus (08561785391).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: